Semua Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Pendaftaran dan Regestrasi, Pembuatan Pengganti KTM,

Selasa, 29 Maret 2011

Seleksi melalui Jalur PPA


I
PETUNJUK UMUM

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, memberi kesempatan kepada lulusan/kelas 12 (duabelas) MAN, MAS, MAKN, MAKS, SMAN dan SMAS yang berprestasi untuk masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun akademik 2011/2012 melalui jalur Penelitian Prestasi Akademik (PPA) dengan ketentuan sebagai berikut :

A.   Fakultas dan Jurusan/Program Studi :
1.     Fakultas Ushuluddin; Aqidah Filsafat, Perbandingan Agama, Tafsir Hadits, Tasawuf Psikoterapi, dan Sosiologi.
2.     Tarbiyah dan Keguruan; Kependidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Guru MI.
3.     Fakultas Syari’ah dan Hukum; Ahwal Al-Syakhsiyah (Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam), Mu’amalah, Siyasah (Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam), Perbandingan Madzhab dan Hukum, Ilmu Hukum, Hukum Pidana Islam, Manajemen Keuangan Syari’ah, Administrasi Negara, dan Manajemen.
4.     Fakultas Dakwah dan Komunikasi; Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Ilmu Komunikasi Jurnalistik dan Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat.
5.     Fakultas Adab dan Humaniora; Sejarah dan Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Inggris, dan D-3 Terjemah Bahasa Inggris.
6.     Fakultas Psikologi.      
     Psikologi
7.Fakultas Sains dan Teknologi; Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Pertanian/Agroteknologi dan Teknik Elektro.

B.   Persyaratan
1.     Siswa Kelas 12 (duabelas) MAN, MAS, MAKN, MAKS, SMUN dan SMUS yang selama sekolah tidak pernah tinggal kelas, dan setiap catur wulan rata-rata nilai raport minimal 7 (tujuh);
2.     Pada semester 1 kelas 12 menduduki peringkat/rangking 1 sd. 10 di kelasnya. (dibuktikan dengan keterangan rengking dari sekolah).
3.     Lancar membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW;
4.     Bagi yang memilih Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Fakultas Sains dan Teknologi Program Studi Teknik Informatika, Teknologi Pertanian, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia harus Jurusan IPA.
5.     Mengisi formulir yang disediakan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan melampirkan (masing-masing rangkap dua);
a.     Fotocopy Kartu UAN, yang dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
b.     Fotocopy raport setiap catur wulan/semester yang dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
c.     Mengisi/menempel pas poto pada kolom yang telah tersedia dalam formulir.
6.     Membayar uang pendaftaran Rp 200.000,-. (Dua ratus ribu rupiah).
7.     Semua persyaratan diatas dibuat rangkap 2 (dua) dimasukan pada 1 (satu) map.

C.   Jatah Pendaftaran
      Banyaknya pendaftaran dari tiap Sekolah/Madrasah disesuaikan dengan status :
           
1.
Negeri
15 orang
2.
Swasta
10 orang
D.   Waktu dan Tempat
1.     Pendaftaran dilaksanakan setiap hari kerja dimulai pada tanggal, 9 s.d. 13 Mei 2011, pengumuman hasil seleksi tahap I tanggal 24 Mei 2011, Pengambilan Kartu Tanda Hak Wawancara tanggal 1 Juni 2011, mulai pukul 08.00 s.d. selesai dan pengumuman kelulusan seleksi Tahap II tanggal 9 Juni 2011.
2.     Tempat Pendaptaran di Kantor Bagian Akademik Biro A2K UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Gedung Administrasi Lantai III, Jalan A. H. Nasution Nomor 105 Bandung (40614), Telp. (022) 7800525 Fax. (022) 7803936.


II
PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN

Pengisian masing-masing kolom ikuti petunjuk di bawah ini.
KOLOM : Nomor Testing dan Ruang. (Diisi Petugas)
Nomor di dalam kolom ini diisi oleh petugas dengan (9 angka) adalah nomor test peserta, yang berlaku/ dipergunakan pada waktu wawancara, pengecekan kelulusan pengambilan tanda lulus dan melakukan registrasi/daftar ulang.
A.   Identitas Calon Pendaftar
      Kolom yang harus diisi oleh calon peserta seleksi adalah kolom No. 1 sampai dengan kolom No. 18
      KOLOM No. 1; NAMA
Tulis NAMA anda pada kolom yang tersedia. Nama harus sedemikian jelas sehingga dapat tercantum dalam kolom yang tersedia (mak. 20 digit). Susunan dan ejaan harus sesuai dengan yang tertulis pada Ijazah/STTB/Akta Kelahiran.
Contoh : Nama :
ALYANISA SEKAR LANGIT Supaya cukup dalam kolom yang tersedia penulisan nama dapat diperpendek dengan menulis : ALYANISA SEKAR L. atau ALYANISA S. LANGIT
KOLOM. No. 2; Tempat/Tanggal lahir.
Diisi dengan kode Kota Kabupaten/Kota tempat kelahiran anda, atau disesuaikan dengan akta kelahiran. (lihat tabel tabel Kota Kab/Kota se Indonesia).
KOLOM, No. 3; JENIS KELAMIN
Isi kolom ini dengan menggunakan tanda √ sesuai dengan jenis kelamin anda (1). Laki-laki  (2). Perempuan
KOLOM, No. 4; KEWARGANEGARAAN
Isi kolom ini dengan menggunakan tanda √ sesuai dengan kewarganegaraan anda.
(1) Warga Negara Indonesia, (WNI) (2) Warga Negara Asing (WNA).
KOLOM, No. 5; AGAMA
Tulis nama agama sesuai dengan agama yang dianut.
KOLOM, No. 6; ALAMAT ASAL.
Isilah alamat asal yaitu alamat di kota tempat anda berasal pada kolom yang tersedia dengan singkat dan jelas. Jika penulisan alamat diperkirakan akan melebihi jumlah kolom yang tersedia, maka penulisan diusahakan dengan seefektif mungkin dengan singkatan yang mudah dimengerti atau sudah umum dipergunakan. Untuk lebih tepatnya, maka pengisian alamat dilengkapi dengan nomor/Kode Pos dan Nomor Telepon jika ada. Nama Kabupaten/Kota dan Propinsi disesuaikan dengan kode kota. (lihat tabel tabel Kota Kab/Kota se Indonesia).
Contoh  :
Jl. Situgede No. 6 Desa/Kel. Cangkuang RT. 10 RW 16 Kec. Rancaekek Kode Pos 40614.
Cukup ditulis : Jl. Situgede No. 6 Cangkuang RT. 10/16 Rancaekek 40614.
KOLOM No. 7; Rata-rata Penghasilan Orang Tua Per Bulan;
KOLOM No. 8; Pendidikan Akhir Orang Tua;
KOLOM No. 9; Nama Orang Tua.
KOLOM No. 10; Pekerjaan Orang Tua.
KOLOM, No. 11; JURUSAN YANG DIPILIH
Tulis kode Jurusan yang anda pilih, pada kolom pilihan I maupun pilihan II Kode Jurusan.

Kode dan Nama Fakultas/Jurusan/Prodi :
Fakultas Ushuluddin
101. Aqidah Filsafat
102. Perbandingan Agama
103. Tafsir Hadits
104. Tasawuf Psikoterapi
105. Sosiologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan*)
201. Kependidikan Islam
202. Pendidikan Agama Islam
203. Pendidikan Bahasa Arab
204. Pendidikan Bahasa Inggris
205. Pendidikan Matematika
206. Pendidikan Biologi
207. Pendidikan Fisika
208. Pendidikan Kimia 
209. Pendidikan Guru MI
Fakultas Syari’ah dan Hukum
301. Ahwal Al-Syakhshiyah (Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam)
302. Mu’amalah
303. Siyasah (Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam)
304. Perbandingan Madzhab dan Hukum
305. Ilmu Hukum
306. Hukum Pidana Islam
307. Manajemen Keuangan Syari’ah
801. Administrasi Negara
802. Manajemen
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
401. Bimbingan dan Penyuluhan Islam
402. Komunikasi dan Penyiaran Islam
403. Manajemen Dakwah
404. Pengembangan Masyarakat Islam
405. Ilmu Komunikasi Jurnalistik
406. Ilmu Komunikasi Humas
Fakultas Adab dan Humaniora
501. Sejarah dan Peradaban Islam
502. Bahasa dan Sastra Arab
503. Bahasa dan Sastra Inggris 
505. D-3 Terjemah Bahasa Inggris
Fakultas Psikologi
600. Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
701. Matematika
702. Biologi
704. Kimia
705. Teknik Informatika
706. Pertanian/Agroteknologi
707. Teknik Elektro
*) Tidak memiliki Ketunaan (khusus bagi peminat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)

      KOLOM, No. 12; ASAL SEKOLAH
      Tulis nama dan kode asal sekolah anda.
      Kode Sekolah
      01. MAN, 02. MAS,  03. MAKN,  04. MAKS,  05. SMUN,  06. SMUS,   07. SMKN,   08. SMKS,
      KOLOM, No. 13; JURUSAN/RUMPUN
      Isi kolom ini sesuai dengan kode jurusan asal sekolah:
      01.  Bahasa                                                        16.  Seni dan Kerajinan
      02.  Ilmu Pengetahuan Sosial                               17.  Teknologi Industri
      03.  Ilmu Pengetahuan Alam                                18.  Otomotif
      04.  Bisnis Manajemen                                        19.  Elektro
      05.  Grafika                                                        20.  Mesin
      06.  Keagamaan                                                 21.  Akuntansi
      07.  Kesejahteraan Masyarakat                            22.  Multimedia
      08.  Kesehatan                                                   23.  Teknik Mesin Perkakas
      09.  Sekretaris                                                    24.  Teknik Listrik Industri
      10.  Karawitan                                                    25.  Teknik Elektronika Industri
      11.  Kehutanan                                                   26.  Teknik Komputer & Jaringan
      12.  Kimia                                                          27.  Analisis Kimia
      13.  Pertanian                                                     28. Administrasi Perkantoran
      14.  Perawat                                                      29. Penjualan
      15.  Penerbangan                                               30. dll.
      KOLOM, No. 14, STATUS SEKOLAH
      STATUS SEKOLAH (SLTA) sekarang.
      Isi kolom ini dengan menggunakan tanda √ sesuai dengan status sekolah anda.
      1. Negeri,          2. Swasta disamakan,        3. Swasta diakui, dan           4. Swasta terdaftar.
      KOLOM No. 15; TAHUN IJAZAH SLTP
      KOLOM, No. 16, JUMLAH PELAJARAN SLTP
      Isi dengan jumlah mata pelajaran yang tercantum pada STTB SLTP.
      KOLOM, No. 17, NILAI STTB SLTP
      Jumlah nilai STTB, isi dengan jumlah nilai dari keseluruhan mata pelajaran, yang tercantum pada STTB SLTP.
      KOLOM, No. 18, NEM
      Isi kolom ini sesuai dengan jumlah NEM SLTP yang anda peroleh.
      Catatan: Data STTB dan DANUN SLTA, akan diminta oleh Panitia apabila anda telah dinyatakan lulus pada Pengumuman I, atau sebagai syarat pada penukaran Kartu hak mengikuti wawancara. (diminta tanggal 25-28 Mei 2011).
      KOLOM, No. 19; ALAMAT SEKOLAH (SLTA)
      Isilah alamat asal sekolah anda berasal pada kolom yang tersedia dengan singkat dan jelas. Jika alamat melebihi tempat yang tersedia, singkatlah dengan singkatan yang mudah dimengerti atau sudah umum dipergunakan. Dilengkapi dengan Kode Pos dan Nomor Telepon jika ada.
B.  Data Prestasi Akademik
      Pengisian pada bagian ini, merupakan tanggungjawab pihak Sekolah, dikarenakan bagian ini memerlukan ketelitian dalam penghitungan nilai rata-rata raport tiap semester, dituangkan pada kolom yang tersedia.:
      Bagian kesatu (1) meliputi :
      1.   Kolom No. (1),
            Diisi dengan Nilai rata-rata kelompok mata pelajaran yang ditetapkan oleh pihak panitia PPA, UIN Sunan Gunung Djati Bandung :
            Kelompok Nilai Agama
            Kelompok Nilai Umum 
            Kelompok Nilai Bahasa Arab
            Kelompok Nilai Bahasa Inggris
            Kelompok Nilai Bahasa Indonesia
            Kelompok Nilai Program
      2.   Kolom No. (2-6)            
            Diisi dengan jumlah nilai rata-rata kelompok mata pelajaran setiap semester.
      3.   Kolom No. ( 7 ) 
            Diisi dengan jumlah nilai pada kolom (2-6)
      4.   Kolom No. (8)
            Diisi dengan nilai rata-rata kelompok mata pelajaran tiap semester (dari hasil pembagian pada kolom (2 - 6 dibagi 5 semester).
      Untuk mempermudah cara penghitungan nilai PPA, baik pihak Sekolah maupun Panitia, (lihat contoh pada LAMPIRAN)

III
DAFTAR KOLEKTIF CALON PESERTA SELEKSI


Form. Ini dibuat/diisi oleh pihak sekolah,  dengan menggunakan data yang sesuai dengan pengisian pada Form, dituangkan kepada 7 kolom yaitu :
Kolom 1; Nomor.
Diisi dengan nomor urut daftar peserta dari sekolah yang bersangkutan, dengan memperhatikan jurusan/program, urutannya.
Kolom 2; Nama/No. Induk
Diisi dengan Nama dan Nomor Induk Siswa (untuk menghemat kolom, No.Induk ditempatkan dibawah nama).
Kolom 3; L/P (Jenis Kelamin)
Jenis Kelamin (L/P) cukup jelas.
Kolom 4; Jur/Prog.
Diisi dengan Jurusan/Program asal sekolah siswa yang bersangkutan.
Kolom 5; Rangking pada Kelas 12 Semester 1 (cukup jelas).
Kode Pilihan Jurusan
Kolom 6; Pilihan Jurusan I
Diisi dengan kode Jurusan yang dipilih oleh siswa (lihat/sesuaikan dengan yang tertera pada kolom (7).
Kolom 7; Pilihan Jurusan II (disesuaikan dengan kolom enam)
Kolom Tanggal Dan Tanda Tangan Kepala Sekolah, diisi sesuai dengan kolom yang tersedia dan dibubuhi setempel sekolah.
(Apabila pendaftaran secara kolektif cara pengisiannya lihat lampiran contoh pengisian daftar kolektif).

IV
KARTU TANDA CALON PESERTA UJIAN PPA

A.   Pengisian  Form.
      Form. Ini diisi oleh pihak sekolah,  menggunakan data yang sesuai dengan pengisian dituangkan pada kolom yang tersedia yaitu: (1) Nama, (2) Tempat/Tanggal Lahir, (3) Jenis Kelamin, (4) Asal Sekolah (5) Alamat Sekolah (6) Pilihan Jurusan I & II. (7) Tandatangan Siswa,  dan (8) Tandatangan Kepala Sekolah, dibubuhi cap/ stempel Sekolah. (dalam penyusunan berkas diletakan paling awal)
B.   Fungsi/Kegunaan :
      Kartu Tanda Calon Peserta PPA, merupakan Identitas siswa yang mendaftar ujian PPA pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2011/2012.
      Kartu Tanda Calon Peserta PPA dibuat untuk dipergunakan sebagai identitas calon peserta PPA.
      Wajib dibawa pada waktu pendaftaran, digunakan sebagai expedisi/bukti penerimaan berkas.
      Digunakan untuk pengambilan/di tukarkan dengan kartu  Tanda Peserta PPA, apabila siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus pada pengumuman tahap I.
      Digunakan untuk pendaftaran ujian tulis, apabila siswa/ peserta yang bersangkutan tidak termasuk nominasi pada pengumuman Tahap II. (digunakan untuk pendaftaran ujian tulis, dengan menyesuaikan administrasi).
      Kartu Tanda Peserta PPA, merupakan Identitas Peserta Ujian PPA UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2011/2012. Selanjutnya Kartu Tanda Peserta PPA untuk dipergunakan sebagai berikut :
      (1) Hak mengikuti Wawancara.
      (2) Pengambilan Tanda lulus Ujian PPA
      (Lihat lampiran cara pengisian kartu tanda calon peserta ujian PPA).
      Pengambilan Kartu Hak mengikuti Wawancara (Kartu Tanda Peserta PPA) pada tanggal 24 Mei 2011.


         AGENDA KEGIATAN PESERTA TEST PPA

1. Pendaftaran
09 – 13 Mei 2011
2. Pengumuman Tahap I
24 Mei 2011
3. Pengambilan Kartu hak Wawancara
24 Mei 2011
4. Wawancara
30 Mei 2011
5. Pengumuman Tahap II (kelulusan)
10 Juni 2011
6. Pengambilan Tanda Lulus
09 - 10 Juni 2011
7. Registrasi dan pembayaran SPP
14 – 17 Juni 2011

Bisa menghubungi:
Herman (Aby) M Ag  (081394420855)
Sdr. Didi S. (Kang Ujank) (085797333789)

2 komentar:

  1. persyaratan pendaftaran yang sudah lolos snmptn 2012 bagaimana ya?

    BalasHapus
  2. kalo PPA 2015 udh dibuka kang

    BalasHapus